Resep Karedok Saladnya Orang Indonesia

Resep Karedok Saladnya Orang Indonesia ~

"Karedok satu, gado-gado satu ya nci, semuanya pedeees." 

"Oke neng, tapi antri ya" 

Ya memang gado-gado enci disitu itu juara. Sedaap betul. Banyak langganan yang rela antri untuk menyantap makanan berupa sayuran berbumbu tersebut. Saya teringat sewaktu dulu disuruh mama beli gado-gado enci. Panas dan antri. Di tempat gado-gado juga menjual karedok dan rujak buah. Pesanan mama tuh ada karedok, saya baru nyobain karedok dan gado-gado. Keduanya sama enaknya dan syukaaa. Kangen deh sama karedok yang pedas dan segar. Gimana kalau bikin seporsi aja karedok. Yuk sinii resepnya.


Resep Karedok Saladnya Orang Indonesia


Eh bentar dulu, apa ada yang belum kenal dengan karedok? Mari berkenalan dengan makanan khas Jawa Barat yang satu ini. 

Karedok adalah makanan berbahan utama sayuran mentah yang disiram dengan bumbu kacang. Sayuran mentah yang dipakai biasanya kol, kacang panjang, mentimun, daun kemangi.

Bumbu kacang terbuat dari cabai rawit, gula merah, kencur, kacang tanah, air asam jawa.

Sayuran mentah berupa kol, kacang panjang, mentimun diiris kecil, tauge, daun kemangi. Setelah itu bisa direndam air dingin supaya segar dan kriuk.

Rasa karedok itu segar, pedas, asam, namun juga ada manisnya. Kalau mau terasa manis lagi bisa memakai gula jawa yang cukup banyak. 

Untuk yang suka sayuran, kudu banget dong mencoba karedok yang memang saladnya orang Indonesia. Kalau salad orang bule itu kan biasanya saus mayonaise ya, sedangkan karedok berbumbu kacang. Saya baca katanya karedok memakai oncom bakar. Wah saya jadi pengin coba deh yang pakai oncom bakar.

Btw, bedanya karedok dan gado-gado itu di sayurannya. Gado-gado menggunakan sayur yang telah direbus, sementara karedok pakai sayuran mentah. Praktis. Namun biasanya di karedok, si kacang panjang diiris kecil-kecil. 

Untuk yang suka aroma kencur seperti saya, bisa menggunakan bahan tersebut lebih banyak. Aromanya yang kuat dan fresh membuat saya doyan makan. Eleuh memang dasarnya udah doyan mangan ae, nyalahin si kencuuur ya kamu ciiig. Apalagi cabai rawit yang saya gunakan adalah 8 buah. Pedasnya namphol sekali. 

Ini kali pertama saya membuat karedok. Jadi waktu itu ada challenge dari komunitas Food Blogger Indonesia aka FBI, saya pengin ikut meramaikan. Wah udah lama dan kangen rasanya masak-masakan di konten. Konten masak-masakan gitu kan di Instagram. Semenjak ditinggal mbak ART, saya agak sulit membagi waktu antara hobi dan kerjaan rumah tangga huaaaaa.

Oh ya challenge bertema Indonesia gitu, pokoknya kudu ikut nih karena memang cinta sama makanan Indonesia. Makanan Indonesia itu enak-enak semua dan setiap menu biasanya memiliki cerita unik. Siapa sih yang nggak tau rendang? Indonesia punya berbagai macam sate, soto dan makanan berkuah lezat lainnya. Jujur, saya sih susah move on dari makanan Indonesia ya.

Menu makan besar dan camilan yang berlimpah. Nggak hanya enak tapi sehat. Real food, sama seperti karedok yang akan saya buat ini. Bisa dicoba menggunakan kacang tanah yang disangrai. 


Resep Karedok

Bumbu Ulek:

1 jempol kencur

4 siung bawang putih

8 buah Cabai Rawit Merah

1 bulatan Gula Jawa

4 sdm air asam

Kacang Tanah goreng

Garam

Kaldu


Bahan Sayur Mentah:

Kacang panjang, mentimun, kol, tauge, daun kemangi.


Resep Karedok Saladnya Orang Indonesia


Cara Membuat Karedok:

1. Iris kecil bahan sayur mentah lalu rendam dalam air dingin minimal 15 menit

2. Haluskan bumbu ulek

3. Tiriskan sayur mentah lalu campur ke dalam bumbu yang sudah diulek.


Resep Karedok Saladnya Orang Indonesia


Menikmati seporsi karedok yang pedasnya maksimal huhah membuat puas. Memakan masakan pedas bagi saya adalah kemewahan. Alhamdulillah. Makanan pedas membuat keringetan dan banyak minum nasi. Oh ya bila suka, ulek bumbu dengan terasi. Kencur jangan sampai skip yaaa. Untuk versi video bisa cek instagram saya ya @uciggg ^^. Semoga bermanfaat ya resep karedoknya.

Komentar